Jenis Perangkat Keras Komputer

Jenis Perangkat Keras Komputer

Jenis Perangkat Keras Komputer itu ada ber macam-macam dan yang paling sering kita lihat itu adalah seperti cpu, monitor, keyboard dan mouse atau kurang dari 5 perangkat saja. Tapi taukah bahwa sebenernya ada puluhan jenis perangkat keras komputer dimana perangkat-perangkat tersebut saling berkaitan satu sama lainnya dan memiliki fungsi yang berbeda-beda, mungkin untuk adik-adik yang sedang duduk di bangku sekolah yang sedang mencari tugas sekolah untuk mencari artikel tentang perangkat keras komputer dan fungsinya, maka artikel ini akan membantu tentunya, karena pemabahasan yang akan dibahas pada artikel ini yaitu penjelasan tentang Jenis perangkat keras komputer.

Jenis Perangkat Keras Komputer

Salah Satu Jenis Perangkat Keras Komputer yaitu Casing Komputer

Download Aplikasi Browser Tercepat :

Macam-macam Perangkat Keras Komputer akan diuraikan pada penjelasan dibawah ini, selamat membaca.

1. Monitor

Monitor ini mempunyai fungsi sebagai alat output yaitu tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh pemakai komputer.

2. CPU (Central Processing Unit)

CPU berfungsi sebagai pengendali proses kinerja komputer dengan kata lain yaitu sebagai tempat mengatur semua instruksi program pada komputer dan sebagai pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.

3. Printer
Printer berfungsi untuk untuk mencetak data seperti tulisan, gambar/foto pada kertas.

4. Scanner

Scanner ini seperti mesin fotocopy dan berfungsi untuk mengkopy data objek dan dipindahkan kedalam memory komputer dan hasilnya dapat dilihat pada monitor komputer.

5. Mouse
Mouse berfungsi untuk menunjuk posisi kursor / pointer pada layar komputer secara cepat.

6. Keyboard

Keyboard berfungsi untuk mengetik / memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file.

7. Speaker

Speaker berfungsi untuk merubah gelombang listrik dari perangkat audio menjadi gelombang suara atau getaran.

8. Modem

Modem berfungsi alat komunikasi dua arah dan saat ini lebih digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.

9. Stabilizer
Fungsi stabilizer untuk menstabilisikan tegangan listrik apabila voltase listrik turun.

10. Harddisk

Fungsi harddisk untuk menyimpan data komputer dan penyimpanan Operation System (OS) serta sebagai alat booting komputer.

11. RAM / Memori

Fungsi RAM / Memori adalah sebgai perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara sehingga membuat akses data yang sama lebih cepat.

12. Power Supply
Power Supply berfungsi sebagai penghantar arus listrik, kontrol voltase pada perangkat keras komputer.

13. Kabel Data
Kabel data berfungsi untuk mengirim data atau menerima data komputer.

14. Kabel VGA

Fungsi kabel VGA untuk menampilkan output / hasil pengolahan data komputer dan selanjutnya bisa bisa dilihat di layar monitor.

15. Fan / Kipas / Blower
Fungsi fan adalah sebagai pendingin perangkat komputer, seperti processor, harddisk

16. LAN Card
Fungsi LAN Card untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam jaringan LAN

17. Motherboard

Fungsi Motherboard / Mobo sebagai wadah / papan sirkuit utama tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, jalur-jalur dan juga konektor sebagai penghubung dari masing-masing perangkat yang terpasang.

18. Prosesor
Fungsi processor untuk merespon dan mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer.

19. Headset
Fungsi headsets untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer.

20. CD/DVD-Room

Fungsi Cd-Room sebagai tempat untuk proses burning, copy CD dan install software menggunakan CD/DVD.

 

21. Video Adaptor atau GPU

Fungsi Video Adaptor sebagai penghubung peralatan proses data dengan peralatan output berupa layar monitor dan juga dapat memaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi dan kualitas warna yang terbaik dan juga dapat mempercepat kinerja software Operation System.

22. Sound Card

Fungsi Sound Card sebagai penghubung output audio ke speaker, penghubung input suara ke komputer melalui mikrofon.

 

Demikianlah artikel tentang Jenis Perangkat Keras Komputer yang barangkali bias dijadikan referensi untuk tugas kliping atau makalah adik-adik yang sedang mencari tugas mengenai komputer, sebenarnya masih banyak lagi perangkat keras komputer selain dari jenis perangkat keras yang sudah disebutkan diatas, dikhawatirkan apabila terlalu panjang artikel nya, maka akan jenuh untuk dibaca dan tidak menjadi mudah dipahami, maka dari itu penjelasan tentang jenis perangkat keras pada komputer sepertinya cukup sekian. Semoga bermanfaat.

Untuk Tips Komputer Lainnya, silahkan klik disini.